Tips Liburan Hemat di Bromo ala Backpacker

0
118

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Liburan dengan budget minimum bukan lagi hal memalukan. Bahkan, mereka yang pandai mengatur keuangan akan mendapat pengalaman lebih memuaskan. Berikut beberapa tips dari Azam Go Holiday yang dapat diterapkan saat liburan hemat di Bromo.

Pilih Akomodasi yang Nyaman

Memang tidak semua jenis kendaraan dapat menaklukkan medan pegunungan, karena itu pula memilih akomodasi wajib diperhatikan. Jika memiliki mobil beroda gagah atau sepeda motor tangguh bisa jadi keuntungan sendiri.

Untuk tiket masuk sebesar Rp35.000 per orang dan Rp5.000 untuk sepeda motor. Selama perjalanan, kalian harus terus waspada mengingat medannya yang ekstrem.  Hanya ada satu jalur menuju Penanjakan Satu dan Penanjakan Dua. Jalannya sempit, aspal rusak, satu sisi adalah jurang, sehingga cukup berbahaya.

Bawa Bekal dari Rumah

Di area Penanjakan, semangkuk mie instan tanpa lauk yaitu Rp15.000. Cukup menguras kantong, tapi lumayan mengisi perut. Nah, jika ingin liburan hemat di Bromo, tips selanjutnya adalah membawa makanan berat yang tidak mudah basi, minuman secukupnya, atau bisa termos mini stainless. Bisa juga membawa seduhan air jahe. Meskipun airnya telah dingin, kandungan rempah tersebut masih ampuh menghangatkan tubuh dari dalam. Obat-obatan ringan seperti masuk angin, mual, sakit kepala, plester luka juga diperlukan untuk keadaan darurat.

Baju dan Aksesoris yang Menghangatkan Tubuh

Pakailah baju berlapis, jaket dobel, sarung tangan, syal, penutup kepala bisa berupa kerudung atau kupluk. Hal ini karena udara penanjakan saat fajar sangatlah dingin. Meski begitu, keindahan alamnya siap memanjakan mata.

Sebenarnya, pedagang yang menjual dan menyewakan keperluan tersebut tidak sedikit. Namun dompet akan langsung menipis jika tidak membawa dari rumah. Harga sewa perlengkapan tersebut per item sekitar Rp5.000-Rp20.000.

Jangan Banyak Minum

Karena bersuhu dingin, kalian akan sering buang air kecil. Intensitasnya akan meningkat jika banyak minum. Harga penggunaan toilet di puncak penanjakan yaitu Rp5.000. Suhu airnya juga teramat dingin sehingga tangan langsung keriput. Sementara di Lautan Pasir, terdapat satu-satunya toilet dengan tarif Rp2.000. Kadang airnya habis karena jumlah penggunanya yang melebihi kapasitas. Tak ingin terus buang air kecil? Sebaiknya atur lagi jumlah air yang akan kalian minum selama di Bromo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here