Taman Nasional Baluran

0
128

Assalamualaikum Wr. Wb

Taman Nasional Baluran merupakan kawasan yang mayoritasnya ditutupi oleh padang rumput, yakni sekitar 40 persen dari total area keseluruhan. Padang rumput yang karakteristiknya pendek-pendek atau lebih dikenal dengan nama savana ini merupakan yang terluas ldi Pulau Jawa. Tak heran kawasan ini disebut sebagai Afrika di Indonesia karena bentangan alamnya yang mirip dengan Afrika.

Tempat wisata di Jawa Timur ini tak hanya sekedar padang savana saja, tetapi juga terdapat aneka ragam hewan yang bertempat tinggal di Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran bisa dikatakan memiliki aneka ragam spesies makhluk hidup. Bila di rinci, taman nasional favorit di Indonesia ini memiliki sekitar 400 jenis tumbuhan, 26 spesies mamalian, dan 150 jenis unggas atau burung.

Dari segi suhu dan iklim, Taman Nasional Baluran rata-rata memiliki suhu 27 derajat celcius hingga 30 derajat celsius. Tak heran karena memang iklim di kawasan ini adalah tergolong iklim kering. Jadi, jangan lupa untuk membawa banyak persediaan air minum ya apabila kalian berkunjung ke sini.

Seperti di jelaskan sebelumnya, vegetasi mayoritas di Taman Nasional Baluran adalah padang rumput yang mencakup sekitar 40 persen. Untuk area sisanya yang sebesar 60 persen, merupakan area yang terdiri atas hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan rawa, hutan hijau, dan hutan pegunungan bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here